MAKALAH
Diajukan
Sebagai Tugas Mata Kuliah IAD, ISD, IBD
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam rangka
penyelenggraan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk memenuhi tuntutan masyarakat
dan Negara, maka diselenggarakan program-program pendidikan umum. Dengan tidak
mengurangi makna penting tugas (Dharma) yang kesatu dan kedua yaitu pendidikan
dan pengajaran serta penelitian, yang langsung berhubungan dengan masyarakat adalah
dharma yang ketiga, pengabdian kepada masyarakat. Hal ini menunjukkan banhwa
perguruan tinggi (mahasisiwa)harus mempunyai hubungan yang erat dengan
masyarakat. Hubungan ini meliputi semua manifestasinya.
Oleh karena itu, perlu
mempersiapkan mahasiswanya sedini mungkin guna menghadapi realitas tersebut dan
agar terciptanya sosok mahasiswa yang cerdik lagi kritis ditengah-tengah
masyarakat.
Memang disadari Ilmu
Alam Dasar, Ilmu Budaya Dasar, dan Ilmu Sosial Dasar dianggap sangat perlu
sekali dipelajari oleh Mahasiswa. Karena dengan penguasaan dari ilmu-ilmu
tersebut diharapkan Mahasiswa mempunyai sikap kritis terhadap gejala-gejala
essensial alam, dan mempunyai sifat yang kritis terhadap dinamika-dinamika
social dan budaya.
Dalam kesempatan
makalah kami ingin mengupas tentang pengertian IAD, IBD, ISD; tujuan IAD, IBD,
ISD; ruang lingkup materi IAD, IBD, ISD; serta urgnesi IAD, IBD, dan ISD bagi
mahasiswa.
B. Rumusan
Pertanyaan
1. Apakah pengertian IAD, IBD, ISD ?
2. Apakah tujuan IAD, IBD, ISD ?
3. Bagaimanakah ruang lingkup materi IAD, IBD,
ISD ?
4. Bagaimanakah urgensi IAD, IBD, dan ISD bagi
mahasiswa ?
BAB II
PEMBAHASAN
A Pengertian IAD,
IBD, dan ISD
1. Pengertian IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
Ilmu Alamiah atau sering disebut Ilmu Pengetahuan Alam dan akhir-akhir
ini ada juga yang menyebut Ilmu Kealaman, yang dalam Bahasa Inggris
disebut Natural Science atau disingkat Science dan
dalam bahasa Indonesia sudah lazim digunakan istilah Sains.
Ilmu Pengetahuan Alam Dasar adalah Ilmu
Pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam Alam semesta, termasuk
dimuka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah
Dasar (Basic Natural Science) hanya mengkaji konsep-konsep dan
prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.
2. Pengertian IBD
(Ilmu Budaya Dasar)
Kebudayaan ataupun yang disebut peradaban
mengandung pengertian yang luas, meliputi pemahaman perasaan sauatu bangsa yang
kompleks, meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hokum, adat istiadat
(kebiasaan), dan pembawaan lainnya yang diperoleh dari anggota masyarakat.
Budaya menurut Kroeber dan Klukhan (1950)
adalah kebudayaan terdiri atas berbagai tingkahlaku mantap, pikiran, perasaan
dan reaksi yang diperoleh dan terutama diturunkan oleh symbol-simbol yang
menyusun pencapaiannya secara terdiri dari kelompok-kelompok manusia, termasuk
didalamnya perwujudan benda-benda materi; pusat esensi kebudayaan terdiri atas
tradisi cita-cita atau paham dan terutama keterkaitan terhadap nilai-nilai.
Pendek kata kebudayaan dalam kaitannya dengan
ilmu budaya dasar adalah penciptaan, penertiban, dan pengolahan nilai-nilai
insani ; tercakup didalamnya usaha memanusiakan diri didalam alam lingkungan,
baik fisik maupun social.
3. Pengertian ISD
(Ilmu Sosial Dasar)
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang
menelaah masalah-masalah social, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh
masyarakat Indonesia, dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep,
teori) yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam
lapangan ilmu-ilmu social (seperti geografi social, sosiologi, antropologi
social, ilmu politik, ekonomi, psikologi social, dan sejarah).
B. Tujuan IAD,
IBD, ISD
1. Tujuan IAD
(Ilmu Alamiah Dasar)
a. Tujuan
Instruksional Umum
Dengan mempelajari tentang pengetahuan ini,
maka diharapkan akan dapat memahami perkembangan penalaran manusia terhadap
gejala-gejala Alam sampai terwujudnya metode ilmiah yang merupakan ciri khusus
dari ilmu pengetahuan Alam.
b. Tujuan
Instruksional Khusus
1). Dapat menjelaskan perkembangan naluri
kehidupan manusia.
2). Dapat menjelaskan perkembangan alam
piker manusia dalam
memenuhi kebutuhan terhadap “Rahasia ingin
tahu”nya.
3). Dapat memberi alasan yang diterima
mitos dalam kehidupan
masyarakat.
2. Tujuan IBD
(Ilmu Budaya Dasar)
a. Mengusahakan
penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya sehingga mereka akan
lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama unyuk
kepentingan profesi mereka.
b. Memberi
kesempatan kepada para mahasiswa untuk dapat memperluas pandangan mereka
tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka
terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
c. Mengusahakan
agar para mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam
bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh dalam sifat-sifat kedaerahan dan
pengotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruanglingkup
pendidikan kita amat dan condong membuat spesialis yang berpandangan kurang
luas. Mata kuliah ini berusaha menambah kemampuan mahasiswa untuk menanggapi
maslah dan nilai-nilai umumnya.
d. Menjebatani
para akademisi kita agar mereka mampu berkomunikasi satu sama lain. Dengan
memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancar
dalam hal berkomunikasi. Kalau carea berkomunikasi ini baik, komunikasi
selanjutnya akan lebih memperlancar pelaksanaan pembangunan dalam berbagai
bidang keahlian. Meskipun spesialisasi sangat penting, spesialisasi yang
terlalu sempit akan membuat dunia seorang sarjana menjadi terlalu sempit.
3. Tujuan ISD
(Ilmu Sosial Dasar)
a. Tujuan umum
diselenggarakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan
pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan
pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya,
khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya
tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat
dipertajam.
b. Tujuan khusus:
1). Memahami dan
menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah-maslah social yang ada
dalam masyarakat.
2). Peka terhadap
masalah-maslah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha
menanggulanginya.
3). Menyadari
bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat
kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
4). Memahami
jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat
berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah social yang
timbul dalam masyarakat.
C. Ruanglingkup
Materi IAD, IBD, ISD
1. Ruanglingkup
Materi IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
a. Kelahiran alam
semesta
1). Mengenal alam semesta
2). Teori terbentuknya alam semesta
a). Teori ledakan
Teori ledakan ini bertolak dan adanya
suatu massa dan berat jenis yang sangat besar, meledak dengan hebat
karena adanya reaksi ini. Massa itu kemudian berserakan mengembang
dengan sangat cepatnya menjauhi pusat ledakan.
b). Teori ekspansi dan kontraksi teori
Teori ini berlandaskan pikiran bahwa ada suatu
siklus dan alam semesta, yaitu “masa ekspansi” dan “masa
kontraksi” diduga bahwa siklus ini berlangsung dalam waktu 30.000 juta
tahun.
b. Tata surya
Surya adalah kata lain dari matahari. Tata
surya berarti adanya suatu organisasi yang teratur pada matahari.
Terbentuknya tata surya:
1). Hipotesis Nebular
2). Hipotersis Planettesimal
3). Teori Tidal
c. Bumi
Teori tentang kejadian bumi:
1). Teori Kant Laplace
Dialam raya sudah ada alam yang telah berputar
makin lama makin mendingin. Perputaran ini mengakibatkan pendataran dibagian
kutub-kutubnya dan menimbun materi dibagian khatulistiwanya yang merupakan
daerah paling tidak stabil sewaktu perputaran semakin cepat, bagian tersebut
akan terlepas materi dan massa asal. Kemudian mengambil kondensasi
akhirnya, menjadi padat berputar mengelilingi massa asal. Maka asal
tersebut menjadi matahari dan bagian terlepas setelah padat manjadi planet.
2). Teori Chamberlain dan Maulton
Mereka mengemukakan suatu teori tentang
matahari dan bumi, teorinya terkenal dengan teori plenetesimal.
3). Teori Jean dan Jefreys
Bintang besar yang jauh lebih besar dari
matahari memilikigaya tarik yang sangat kuat terhadap matahari, akibatnya
akan terjadi gelombang pasang pada permukaan matahari yang menyerupai gunung
yang sanat tinggi dan menyerupai lidah raksasa yang berupa gas sangat panas
selanjutnya mengalami pemadatan kemudian pecah menjadi benda-benda tersendiri
yang disebut planet.
d. Asal mula
kehidupan dibumi
1). Generation Spontaniea
2). Cozmozoa
3). Omne Vivum ex Vivo
4). Omne Ovo ex Vivo
2. Ruanglingkup
Materi IBD (Ilmu Budaya Dasar)
Ilmu Budaya Dasar (IBD) identik dengan basic
humanities.Humanities berasal dari kata latin humanus yang
artinya manusiawi, berbudaya, dan halus (refined). Dengan mempelajari Ilmu
Budaya Dasar ini diharapkan seseorang menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya,
dan lebih halus.
Adapun ruanglingkup Ilmu Budaya Dasar adalah:
a. Berbagai aspek
kehidupan yang mengungkapkan masalah-masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat
didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik
dari segi keahlian. (disiplin) didalam pengertian budaya, maupun gabungan
berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
b. Hakikat
manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudannya dalam kebudayaan
setiap zaman dan tempat. Dalam menghadapi lingkungan alam, social, dan budaya,
manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, tetapi juga ketidak
seragaman, sebagaimana ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapan,
pikiran, perasaan, dan tingkah laku.
3. Ruanglingkup Materi
ISD (Ilmu Sosial Dasar)
Adapun ruang lingkup materi Ilmu Sosial Dasar
adalah:
a. Kenyataan-kenyataan
social yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan maslah
social tertentu. Kenyataan-kenyataan social tersebut sering ditanggapi secara
berbeda oleh para ahli ilmu social. Karena adanya perbedaan latar belakang
disiplin ilmu atau sudut pandangnya
b. Konsep-konsep
social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi
pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukakn untuk mempelajari
masalah-masalah social.
Sebagai contoh dari konsep dasar semacam ini
misalnya konsep keanekaragaman, dan konsep kesatuan social. Bertolak dari kedia
konsep tersebut diatas, maka dapat kita pahami dan sadari di dalam masyarakat
selalu terdapat:
1). Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan
pola tingkah laku
baik secara individual maupu kelompok.
2). Persamaan dan perbedaan kepentingan.
Persamaan dan perbedaan itulah yang seringkali
menyebabkan timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan
golongan.
c. Masalah-masalah
social yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan
social yang antara satu dengan yang lainnya salaing berkaitan.
D. Urgensi IAD,
IBD, ISD Bagi Mahasiswa
1. Urgensi IAD
(Ilmu Alam Dasar) Bagi Mahasiswa
Ilmu Alam Dasar merupakan Ilmu yang mengkaji
tenang gejala-gejala alam disekitar. Dengan mengetahui gejala-gejala alam yang
ada disekitar maka pertanyaan “mengapa hal itu dapat terjadi?” akan terjawab
dengan adanya pengkajian dari ilmu ini. Disamping itu, rasa kuriositas dari
manusia yang tidak pernah mengalami kepuasan akan terpenuhi meskipun hanya
sementara saja atau walaupun hanya sebuah hipotesa.
Bagi Mahasiswa sendiri Ilmu Alam Dasar ini
sangat urgen sekali mahasiswa yang dituntut untuk memiliki sifat yang kritis
diharap mampu menjawab pertanyaan “mengapa hal itu dapar terjadi?”. Ilmu ini
juga sangat penting bagi mahasiswa guna mengejar dinamika perkembangan Ilmu
Alam agar Mahasiswa tidak menjadi miss tomorrow. Mahasiswa
juga dituntut untuk berfikir rasional dengan mempelajari ilmu ini diharap
mereka mengatahui gejala-gejala alam berserta tanda-tandanya. Ilmu ini menjadi
sangat urgen karena memberikan bekal kepada Mahasiswa untuk mengejar ilmu alam
dan teknologi yang semakin berkembang pesat dalam kencah internasional
2. Urgensi IBD
(Ilmu Budaya Dasar) Bagi Mahasiswa
Seperti yang kita ketahui manusia merupakan
makhluk yang berbudaya. Sebenarnya kebudayaan didefinisikan sebagai hasil
pengungkapan diri manusia kedalam materi sejauh diterima dan dimiliki oleh
suatu masyarakat dan menjadi warisannya. Manusia harus menciptakan suatu
kebudayaan, sebab tanpa kebudayaan ia makhluk yang tidak berdaya, yang menjadi
korban dari keadaanya yang tidak lengkap dan naluri-nalurinya yang tidak
terpadu.
Ilmu Budaya Dasar memiliki urgenitas bagi
Mahasiswa karena orientasi Mahsiswa adalah lingkungan yang berbudaya dari
lingkungan yang berbudaya tersebut mereka harus lebih mudah untuk integrasi dalam
lingkungan tersebut terutama dengan lingkungan yang baru, hal ini untuk profesi
mereka.
Urgenitas yang sangat vital bagi Mahasiswa
dalam mempelajari Ilmu ini adalah karena ilmu ini memberi pandangan yang luas
terhadap masalah-masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis
mereka tehadap persoalan-persoalan yang menyangakut kedua hal tersebut. Juga
mengusahakan agar para Mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara
serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat
kedaerahan dan pengotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena
ruanglingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis
yang berpandangan kurang luas. Mata kuliah ini berusaha menambah kemampuan
Mahasiswa untuk menanggapi masalah dan nilai-nilai dalam lingkungan masyarakat
mereka.
3. Urgensi ISD
(Ilmu Sosial Dasar) Bagi Mahasiswa
Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah suatu program
pelajaran baru yang dikembangkan di Perguruan Tinggi. Pengembangan Ilmu-ilmu
Sosial Dasar ini sejalan dengan realisasi pengembangan ide dan pembaharuan
system pendidikan yang bersifat dinamis dan inovatif. Ilmu Sosial Dasar adalah
ilmu-ilmu social yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana
jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah social yang berkembang
dalam kehidupan masyarakat.
Urgenitas ilmu ini sendiri bagi Mahasiswa
adalah memberikan dasar-dasar ata pengetahuan social kepada para Mahasiswa,
yang diharapkan akan cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberikan
alternative pemecahan masalah-masalah dalam kehidupan masyarakat.
Berdasarkan pengetahuan yang didapat melalaui
ISD, diharapkan para Mahasiswa akan mapu mengorientasikan diri berkat
pengahayatannya terhadap arah perkembangan masyarakat. Setelah mengorientasikan
diri secara mapan paling tidak ia harus mampu mengetahui kearah mana pemecahan
itu harus ditempuh. Masalah-masalah social yang berkembang sedemikian kompleks,
baik yang bersifat local, regional, nasional maupun internasional seperti
pengangguran, urbanisasi, penyelundupan, dan kriminalitas. Kenakalan remaja dan
penyalahgunaan narkotika. Pertentangan ras dan pergolakan politik, merupakan
masalah-masalah social yang harus dilihat serta ditanggulangi dengan segala
aspek pengetahuan yang terjalin satu sama lain.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
A. Pengertian IAD, IBD, ISD Adalah
1. Pengertian
Ilmu Alamiah Dasar adalah Ilmu Pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala
dalam Alam semesta, termasuk dimuka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan
prinsip. Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) hanya
mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.
2. Pengertian
Ilmu Budaya Dasar adalah penciptaan, penertiban, dan pengolahan nilai-nilai
insani ; tercakup didalamnya usaha memanusiakan diri didalam alam lingkungan,
baik fisik maupun social.
3. Pengertian
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social,
khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia,
dengan menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang ilmu
pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social
B. Tujuan IAD,
IBD, ISD Adalah
1. Tujuan Ilmu
Alamiah Dasar adalah Dengan mempelajari tentang pengetahuan ini, maka
diharapkan akan dapat memahami perkembangan penalaran manusia terhadap
gejala-gejala Alam sampai terwujudnya metode ilmiah yang merupakan ciri khusus
dari ilmu pengetahuan Alam.
2. Tujuan Ilmu Budaya Dasar adalah
Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya sehingga
mereka akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama
unyuk kepentingan profesi mereka.
3. Tujuan Ilmu
Sosial Dasar adalah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan
wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada
dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat
dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan
lingkungan social dapat dipertajam.
C. Ruanglingkup Materi IAD, IBD, ISD
Adalah
1. Ruanglingkup
materi Ilmu Alamiah Dasar adalah Kelahiran alam semesta, terbentuknya tata
surya, teori terbentuknya bumi, asal mula kehidupan dibumi.
2. Ruanglingkup
Ilmu Budaya Dasar adalah Berbagai aspek kehidupan yang mengungkapkan
masalah-masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan
pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi keahlian.
(disiplin) didalam pengertian budaya, maupun gabungan berbagai disiplin dalam
pengetahuan budaya.
3. Ruanglingkup
Ilmu Sosial Dasar adalah Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam masyarakat,
yang secara bersama-sama merupakan maslah social tertentu. Kenyataan-kenyataan
social tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu social.
Karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya
D. Urgensi IAD,
IBD, ISD Bagi Mahasiswa Adalah
1. Urgensi Ilmu
Alamiah Dasar bagi Mahasiswa adalah diharap mampu menjawab pertanyaan “mengapa
hal itu dapar terjadi?”. Ilmu ini juga sangat penting bagi mahasiswa guna
mengejar dinamika perkembangan Ilmu Alam agar Mahasiswa tidak menjadi miss
tomorrow. Mahasiswa juga dituntut untuk berfikir rasional dengan
mempelajari ilmu ini diharap mereka mengatahui gejala-gejala alam berserta
tanda-tandanya. Ilmu ini menjadi sangat urgen karena memberikan bekal kepada
Mahasiswa untuk mengejar ilmu alam dan teknologi yang semakin berkembang pesat
dalam kencah internasional
2. Urgensi Ilmu
Budaya Dasar bagi Mahasiswa adalah karena ilmu ini memberi pandangan yang luas
terhadap masalah-masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis
mereka tehadap persoalan-persoalan yang menyangakut kedua hal tersebut. Juga
mengusahakan agar para Mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara
serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat
kedaerahan dan pengotakan disiplin yang ketat.
3. Urgensi Ilmu
Sosial Dasar bagi Mahasiswa adalah memberikan dasar-dasar ata pengetahuan
social kepada para Mahasiswa, yang diharapkan akan cepat tanggap serta mampu
menghadapi dan memberikan alternative pemecahan masalah-masalah dalam kehidupan
masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
Pandoyo, Sumbawi.
1987. Ilmu Alamiah Dasar. Usaha Nasional. Surabaya.
Jasin, Maskoeri.
1987. Ilmu Alamiah Dasar. PT. Raja Grafindo
Persada. Jakarta.
Noor, Arifin.
2007. Ilmu Sosial Dasar. Pustaka Setia. Bandung.
Soelaeman, Munandar. 2007. Ilmu Budaya
Dasar.PT. Refika Aditama. Bandung.
Hidayati, Marwadi. 2007. Ilmu Alamiah
Dasar Ilmu Sosial Dasar Ilmu Budaya Dasar. CV. Pustaka
Setia. Bandung.
Diposkan
oleh COPY
No comments:
Post a Comment