Total Pageviews

Thursday, June 9, 2011

MAKALAH cara menganyam kertas koran menjadi keranjang

A. Latar Belakang
Dalam peraturan Pemerintah RI No. 20 Tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah Bab I dan pasal 1 ayat 2 dinyatakan bahwa.
“Taman Kanak-Kanak adalah salah satu bentuk Pendidikan Prasekolah yang menyediakan Program Pendidikan Dini bagi usia 4 tahun sampai memasuki Pendidikan Dasar”. Oleh sebab itu diharapkan kepada para pendidik untuk dapat memberikan layanan dan bimbingan secara profesional dalam rangka membentuk sikap, pengetahuan serta keterampilan.
Pendidikan di Taman Kanak-Kanak (TK) di laksanakan dengan prinsip “Bermain sambil belajar, atau belajar seraya bermain”. Sesuai dengan perkembangan, oleh sebab itu di harapkan seorang pendidik yang kreatif dan inovatif agar anak bisa merasa senang, tenang, aman dan nyaman selama dalam proses belajar mengajar.
a) Kajian Secara Umum
Pada umumnya dunia anak terkait dengan aktifitas bermain, kegiatan-kegiatan yang diberikan kepada anak harus disesuaikan dengan perkembangan anak. Di dalam makalah ini terdapat cara-cara menganyam kertas Koran sehingga dapat mengasah kreatifitas anak. Selain itu didalam makalah ini juga terdapat manfaat-manfaat yang dapat diperoleh anak dalam menganyam kertas Koran. Kegiatan ini sangat menyenangkan anak, karena anak suka berimajinasi sesuai dengan kemampuan dan daya fakir mereka dalam menganyam kertas koran menjadi keranjang Koran.
b) Tujuan
Tujuan dari seni menganyam kertas koran yang terdapat dalam makalah ini adalah :
1. Seni menganyam kertas koran dapat di jadikan sarana melatih kreativitas anak-anak melalui kegiatan bermain yang menyenangkan.
2. Bagi pembaca dapat mengajarkan pada anak didiknya dengan mudah, dengan menirukan membuat berbagai bentuk keranjang koran dari kartas koran dengan membaca langkah demi langkah cara pembuatannya.
3. Melalui seni menganyam kertas koran daya imajinasi dan kreasi anak-anak pun akan berkembang.
c) Manfaat
Manfaat dari seni menganyam kertas koran adalah dapat mengembangkan koordinasi mata dan tangan anak serta mengembangkan kreativitas anak dalam menganyam kertas koran.

B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana cara menganyam kertas koran menjadi keranjang koran seperti bentuk menganyam kertas koran dalam makalah ini :
1. Menganyam kertas koran berbentuk keranjang koran

BAB II
PEMBAHASAN

1. Cara Penganyam Kertas Koran Berbentuk Keranjang Koran
a. Kertas koran di gunting menjadi 4 bagian
b. Tiap-tiap guntingan di lipat memanjang
c. Jejerkan lima (5) koran lipat pendek, masukkan satu satu bersatu koran lipat pendek yang lain dengan cara menganyam, berilah di setiap anyaman agar tidak lepas.
d. Tekuk koran lipat empat sebagai pagar
e. Masukkan koran lipat panjang dengan cara anyaman
f. Anyam terus sampai kita memperoleh dinding pagar setinggi yang kita inginkan beri lem di setiap anyaman agar kuat.
g. Gunting sisa pagar yang tidak diinginkan
h. Pasang satu koran lipat panjang untuk tangkai keranjang
i. Beri warna dengan cat agar keranjang nampak cantik






BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Kegiatan seni menganyam kertas koran sangat mudah di lakukan dan dicerna oleh anak melawi seni menganyam kertas koran anak bisa mengembangkan kreatifitas dan daya imajinasinya dengan membentuk anyaman kertas koran menjadi bentuk keranjang koran sesuai dengan daya piker anak.

B. Saran
Saran penulis bagi pembaca makalah ini adalah penulis berharap kreativitas seni menganyam kertas koran ini bisa terus di kembangkan di TK, sehingga anak benar-benar bisa mengembangkan daya pikirnya untuk bisa menciptakan hal-hal yang baru sesuai dengan imajinasinya.


DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas : didaktik/ Metode Umum di Taman Kanak-Kanak. Jakarta 1990.
Post a Comment