Total Pageviews

Tuesday, April 26, 2011

Makalah Pendidikan Pancasila

KATA PENGANTAR
Saya mengucapkan puji syukur kehadirat allah swt yang telah memberikan rahmatnya kepada saya untuk mewujudkan makalah ini karya ilmiah ini disusun berdasarkan daftar isi,karya ilmiah ini berisi tentang apa itu demokrasi pancasila.Saya menyadari bahwa karya ilmiah ini belum sempurna dan untuk itu saya sangat mengharapkan masukan dari pembaca atau pihak lain.
Kemudian saya tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah turut membantu atau memberikan masukan kepada saya mengenai makalah ini secara atau pun secara tidak langsung.
Semoga karya ilmiah ini dapat berguna bagi pembaca dan orang lain.
…………., 22 april 2011
Penulis
( ……………… )
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ……………………………(i)
Daftar isi……………………………………(ii)
Pendahuluan……………………………………(4)
• Latar belakang………………………….……… (4)
• Pengertian demokrasi pancasila …………………(5)
• Unsur-unsur penegak demokrasi ……………………(5)
• Arti demokrasi pancasila …………………………… (6)
• Sejarah perkembangan demokrasi pancasila ……………(6)
• Penutup ……………………………………………………(7)
Daftar pustaka
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Terjadinya demokrasi pancasila dimulai dari orde baru dimana orde baru terjadi sejarah penting yaitu super semar yang di tunjukan kepada soeharto untuk langsung mengambil tindakan kepemerintahan Negara republic Indonesia salah satunya mengbubarkan PKI dengan ormas-ormasnya pada tanggal 12 maret 1966.Pada tanggal 12 maret 1967 sidang istemewa MPRS yang di pimpin oleh Jendral.Ah.nasution menunjuk soeharto sebagai presiden RI setahun kemudian soeharto memimpin sebagai presiden RI.
Setelah soeharto memimpin sebagai presiden,diadakan penatan kembali fungsi dan hubungan tata Negara antar Negara itu adalah MPR (sebagai lembaga tertinggi Negara)dengan presiden,DPR,MA,DPA,dan BPK (sebagai lembaga tertinggi Negara) seperti yang dikehendaki oleh UUD 1945, dan mengganti anggota yang terlibat G-30-S/PKI,
Pelaksanaan demokrasi pancasila itu mrngakibatkan selama 32 tahun pada pemerintahan orde baru telah menyerah pada system kekuasaan yang obsolut,yang berlebih-lebihan mengakibatkan lahir nya budaya korupsi,polusi,dan nepotisme(KKN),hal ini mengakibatkan kerugian Negara dan hutang luar negri yang bengkak.
Pada tanggal 21 mei 1998 jatuhlah system pemerintahan orde baru dalam pelaksanan demokrasi pancasila dengan gerakan reformasi yang dilakukan mahasiswa dan msyarakat lainnya turut dalam gerakan demokrasi tersebut. Presiden soeharto meletakkan jabatannya dan menunjuk prof.Dr BJ Habibi (wakil presiden) sebagai penggantinya,namun system pemerintahan demokrasi di Indonesia masih dipakai tetapi sisten demokrasinya cukup berbeda dengan demokrasi yang dipimpin oleh soeharto selama 32 tahundimana pemerinyah soeharto system kekuasan yang absolute.sedangkan system pemerintahan demokrasi diera global dizaman sekarang deemokrasi itu sebagai tonggak masyyarakat yang bebas menyampaikan inspirasi dan ikut serta membantu perkembangannya Negara republic Indonesia.
Namun itu sama sudah bisa dikatakan mampu untuk membawa Indonesia bebas dari kemiskinan dan lainnya.itu sama dapat dijalani dan dilihat dimasa depan Negara RI.
Demokrasi merupakan suatu pemerintah rakyat, artinya rakyat itu sebagai asal mula kekuasaan nrgara sehinnga rakyat harus ikut serta dalam pemerintahan untuk mewujudkan suatu cita-citanya. Suatu pemerintahan dari rakyat haruslah sesuai dengan filsafat hidup rakyat itu sendiri yaitu filsafat pancasila,dan diinilai dasar terkandung didalam filsafat demokrasi Indonesia.
Demokrasi Indonesia banyak tertuang dalam UUD 1945 selain mengakui adanya kebebasan dan persamaan hak juga sekaligus mengakui perbedaan serta keberanekaragaman mengingat Indonesia adalah:Bhineka tunggal ika.
1. Pengertian Demokrasi Pancasila
Pengertian demokrasi pancasila itu dapat di definisikan dari latar belakang / sejarah terjadinya demokrasi pancasila. Demokrasi pancasila adalah : Dimana sistem pemerintahan yang mengacu pada sistem pancasila yang melahirkan sistem pemerintahan pada sistem kekuasaan yang abrolut.
Pengertian demokrasi mempunyai sesuatu pemerintahan dari rakyat. Rakyat merupakan penjelmaan sifat kodrat manusia sebagai makhluk indivindu dan makhluk sosial, oleh karena itu dalam pengertian demokrasi kebebasan indivindu harus diletakkan dalam krangka tujuan bernorma bukan bersifat liberal atau hanya berdasarkan pada kebebasan indivindu saja dan juga bukan demokrasi kias.
Misalnya negara Indonesia di bawah sistem UUD dasar 1995 dan lembaga-lembaga negara atau alat-alat perlengkapan negara adalah :
• Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
• Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
• Presiden
• Mahkamah Agung (MA)
• Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
Adapun didalam supra intruktur politik maupun mfre stuktur politik yang terdapat dalam sistem ketatanegaraan masing-masing saling mempengaruhi serta mempunyai kemampuan untuk mengendalikan suatu pihak lainnya. Didalam suatu sistem demokrasi, mekanisme intruksi antara surpra struktur politik dapat dilihat dalam proses penentuan kebijaksanaan umum atau menetapkan keputusan politik itu merupakan (input) dari infre struktur, kemudian di jabarkan dengan sedemikian sesuatu sistem demokrasi didalam proses pembuatan kebijaksanaan atau keputusan politik merupakan keseimbangan dinamis antara prakusa pemerintahan dengan partisipasi aktif rakyat atau warga negara lainnya.
2. Unsur – unsur Penegak Demokrasi
Secara umum didalam sistem pemerintahan demokrasi senantiasa mengandung unsur-unsur yang paling penting dalam masyarakat yaitu :
• Keterlibatan warga negara dalam pembuatan keputusan politik
• Tingkat persamaan tertentu diantara warga negara
• Tingkat kebebasan atau kemerdekaan tertentu yang diakui dan dipakai oleh warga negara
• Suatu sistem perwakilan
• Suatu sistem pemilihan kekuasaan mayoritas
Berdasarkan tujuan dan unsur-unsur tersebut maka demokrasi mengandung ciri-ciri tersendiri yang merupakan patokan yaitu setiap sistem demokrasi adalah suatu ide bahwa warganegara seharusnya terlibat dalm hal tertentu dalm bidang pembuatan keputusan-keputusan politik baik secara langsung maupun tidak secara langsung.
Dengan melalui wakil pilihan ini mereka mempunyai ciri-ciri yang lain yang tidak dibolehkan diabaikan adalah adanyaketerlibatan atau partisipasi warga negara baik secara langsung maupun tidak secara langsung. Didalm proses pemerintahan negara (lyaman, tower sargen, 1986:44). Oleh karena itu bila terjadi kehidupan kenegaraan yang menganut sistem demokrasi, kita akan selalu menemukan arti adanya supra struktur politik sebagaimana suatu komponen mendukung tegasnya demokrasi pancasila dengan menggunakan konsep montes guku maka supra struktur politik meliputi lembaga legislatif, lembaga eksekutif, dan lembaga yudikutif. Untuk negara-negara tertentu ditemukan lembaga-lembaga yang lain.
3. Arti Demokrasi Pancasila
Dalam sejarah Negara Republik Indonesia yang telah lebih setengan abad, perkembangan demokrasi telah mengalami pasang surut. Masalah pokok yang dihadapi oleh bangsa Indonesia ialah bagaimana meningkatkan kehidupan ekonomi dan membangaun kehidupan sosial dan politik yang demokrasi dalam masyarakat yang beraneka ragam politik adat budayanya.
Masalah ini berkisar pada penyusuran suatu sistem politik dengan kepimpinan cukup ketat untuk melaksanakan pembangunan ekonomi serta character and nation buliding, dengan partisipasi rakyat sekaligus menghindarkan timbulnya diktatut perorangan portal atau pun militer.
• Perlambangan demokrasi di Indonesia dapat dibagi dalam empat periode :
• Periode 1945-1959, masa demokrasi palmeter yang menonjolkan peranan parlameter serta partai-partai.
• Periode 1945-1965, masa demokrasi terpimpin yang dalam banyak aspek.
• Periode 1966-1998, masa demokrasi pancasila era orde baru yang merupakan demokrasi konsitusional
• Periode 1999-sekarang, masa demokrasi pancasila era reformasi dengan berakar pada kekuasaan multi partai yang berusaha menggambarkan perimbangan kekuatan antara partai politik.
4. Sejarah Perkembangan Demokrasi di Indonesia
• Di Bidang Politik
Demokrasi indonesia seperti yang di maksud dalam UUD 1945 berarti menegakkan kembali asas-asas negara hukum dimana kepastian hukum diserahkan oleh segenap warga negar, hak-hak asas manusia baik dalam aspek .
• Asas hukum negara Demokrasi Pancasila
Pengakuan dan perlindungan hak asasi yang mengandung persamaan dalam bidang politik, hukum sosial
Adapun predikat yang akan diberikan kepada demokrasi, maka demokrasi itu harus demokrasi yang bertanggung jawab artinya demokrasi di jiwai oleh rasa tanggung jawab terhadap tuhan yang maha Esa
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari uraian karya ilmiah yang saya buat, kita dapat membuat kesimpulan, bahwa kita sebagai generasi penerus banggsa haruslah mengghargai atau bertindak sesuai kemampuan dan menjaga perjuangan-perjuangan paara demokrasi serta promes-promes pancasila dan UUD1945 dan membawa harum nama Indonesia bisa sampai saa ini demokrasi Undang-Undang dasar 1945 (UUd 1945) karna pancasila adalah ideologi dan filsafat negara Republik Indonesia, serta penggerak pelaksanaan pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen
B. Saran
(Dibidang Pemerintahan/Demkrasi)
• Tinggkat persamaan tertentu di dalam negara
• Tingkat kebebasan atau kemardekaan tertentu yang di akui dan di pakai oleh warga negara
• Jadikannlah suaru pemerintahan mayoritas yang lebih baik
• Jadilah warga yang baik tanpa berbuat anarkis dan perbuatan yang bila kita eluh-eluhkan bukan kepentingan negara
DAFTAR PUSTAKA
Parjanowati 2008, Demokrasi Pancasila dan pengertian Pancasila secara murni dan konsekuen.
GAFFAN, Afan 1999, Politik Indonesia : Demokrasi, Jakarta pustaka belajar penerbit “Bumi Aksara”, “Paradigma” Kurikulum 2000
Sudarmono SH. Bahan Penataran UUD 1945
Ayo copy paste aja ………………
Jangan malu-malu..
Post a Comment